Bisnis Dengan Modal Kecil Untuk Mahasiswa

Bisnis Dengan Modal Kecil Untuk Mahasiswa-Menjadi mahasiswa ada senang, ada susahnya. Hal yang menyenangkan tentu bisa bertemu banyak teman, mempunyai kebebasan bergaul, dan beraktivitas. Tetapi yang paling menyakitkan, adalah saat kamu galau karena belum berpenghasilan. Masak mau nunggu kiriman orang tua terus? Enggak kan?
Bisnis Dengan Modal Kecil Untuk Mahasiswa

Beberapa dari kamu mungkin ada yang mencoba bekerja part time atau dagang sesuatu. Saya sendiri termasuk yang bekerja sembari kuliah. Bidang kerja saya terletak di tulis menulis. Mulai dari penulis artikel, jasa pembuatan laporan, jasa translate, penulis blog, hingga penulis buku saya lakoni.

Aktivitas kuliah yang disisipkan dengan bekerja memang cukup melelahkan. Namun, perasaan puas itu bisa tercapai lho. Saya puas sekali ketika enggak minta uang lagi ke orang tua, dan pakai hasil kerja keras sendiri untuk biayai hidup serta kuliah. Buat kamu yang masih galau dengan pertanyaan “kerja apa ya?, buka bisnis apa ya?, Gue pengen banget kerja nih, tapi gimana?”, saya berikan beberapa peluang bisnis yang bisa kamu eksekusi dengan modal kecil.


1) Jasa Tulis Artikel dan Tugas Sekolah

Biasanya, pelajar dan mahasiswa enggak pernah lepas dengan namanya tulis menulis. Entah itu membuat tugas harian hingga menulis makalah yang luar biasa tebal. Kenapa tidak memanfaatkan aktivitas ini? Sekarang, ada banyak blogger dan pebisnis internet yang membutuhkan jasa penulisan artikel. Mereka biasa memesan mulai dari puluhan hingga ratusan artikel kepada si penulis untuk kemudian di posting ke blog. Sedangkan untuk jasa tugas sekolah, tentu saja mahasiswa dan anak sekolah adalah pasar utama.
Bisnis Dengan Modal Kecil Untuk Mahasiswa

Kalau ingin belajar bagaimana mencari uang dengan jasa ini, saya bisa bantu kamu. Silakan hubungi saya lewat Facebook atau Twitter.


2) Jualan Online

Jualan online enggak berarti kamu harus punya produk sendiri. Kamu bisa temukan supplier untuk menjual produk mereka dengan keuntungan yang dibagi dua. Pemasaran dapat dilakukan lewat media gratis seperti Facebook, Twitter, Tokobagus, Kaskus, dan Tokopedia. Satu lagi, kamu bisa manfaatin Blackberry Messanger yang saat ini lagi booming banget buat jualan. Jualan apapun yang kamu mau, mulai dari aksesoris komputer, pakaian, makanan, sampai hewan peliharaan.

Selain mengambil barang langsung dari supplier dan menjualnya, kamu bisa dropship. Apa itu dropship? Baca postingan tentang dropship disini.


3) Mengajar Privat

Ketika setidaknya kamu mempunyai kemampuan oke di Bahasa Inggris atau Matematika, kenapa enggak coba mengajar privat? Uangnya lumayan besar lho dan saya rasa cukup untuk membiayai aktivitas harianmu. Meski kamu bukan berlatar pendidikan guru, namun kamu punya banyak kesempatan besar memiliki pekerjaan ini. Ada beberapa teman saya di kampus yang mengajar privat bahasa Inggris dan Matematika walau mereka bukan dari bidang yang sesuai.

Untuk mendapatkan siswa, mulai promosikan privatmu ke Internet lewat Facebook atau Twitter. Juga, daftar langsung ke bimbingan-bimbingan belajar.


4) Menekuni Usaha Kurir

Ada seorang teman yang berbisnis kurir serba ada dan siap sedia. Bersama karyawannya, ia bisa mengantar makanan, paket barang, berbelanja di supermarket, dan melakukan transfer sesuai pesanan klien dengan nomor rekening yang telah ditentukan. Sistem kerja yang ia lakukan memang begitu variatif dan tidak terfokus hanya antar barang saja.

Pernah suatu ketika, ia diberi perintah untuk membeli (kalau tidak salah) bulu mata di salon. Luar biasa, dia yang seorang laki-laki menyanggupi hal itu. Bisnis ini saya sarankan juga kepada kamu semua. Tanpa modal besar dan hanya membutuhkan kendaraan serta pengetahuan tentang lokasi-lokasi alamat. Cukup promosikan lewat media sosial, kamu sudah siap berbisnis.

0 Response to "Bisnis Dengan Modal Kecil Untuk Mahasiswa"

Post a Comment