Tips Sukses Memilih Bisnis Waralaba

Tips Sukses Memilih Bisnis Waralaba-Anda mungkin saat ini sedang bertekad untuk memulai bisnis Anda dengan membeli waralaba? Tunggu dulu. Sebelum itu, sebelum membeli bisnis waralaba, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Persiapan Anda harus benar-benar matang. Berikut adalah beberapa pertimbangan di antaranya:


Tentukan dulu: Apakah Anda suka menjalankan model waralaba?
Bisnis yang diwaralabakan adalah bisnis-bisnis yang sudah berhasil melalui tahap uji pasar. Artinya, sebagian besar dari mereka adalah bisnis yang dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat. Di sinilah keuntungan beli waralaba dibanding bikin bisnis baru. Anda tidak perlu benar-benar mulai dari nol. Namun bagi beberapa orang, hal ini berarti mereka kehilangan kesempatan untuk menikmati perjalanan membangun merek mereka sendiri. Nah, Anda harus pastikan dulu, Anda masuk tipe yang mana.  


Pilih waralaba yang sejalan dengan passion Anda
Di bisnis apapun, bukan hanya waralaba, akan berjalan dengan baik jika Anda memilih yang sesuai dengan passion Anda. Ketika Anda bekerja di area yang Anda cintai, maka besar kemungkinan kalau Anda akan berkembang dengan lebih cepat. Sebab Anda akan senantiasa merasa tidak terbebani untuk mempelajari ilmu baru yang terkait dengan industri tersebut. Anda merasa bahwa pekerjaan Anda adalah sebagian dari hidup Anda, daripada sekedar jadi ongkos untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda.

 
Tips Sukses Memilih Bisnis Waralaba

Riset dulu
Ada ribuan waralaba di dunia. Anda hanya akan pilih satu. Jadi, pastikan bahwa pilihan Anda adalah yang terbaik agar Anda tidak buang-buang waktu dan uang Anda pada waralaba yang salah. Riset segala macam aspek seperti reputasi waralaba di benak pasar, potensi di daerah Anda, proyeksi keuntungan yang mungkin Anda dapatkan. Cari waralaba yang bisa bertahan, atau justru berkembang, seiring dengan perubahan arah pasar dan perkembangan jaman. Jika bisnis itu bisa jalan seiring dengan pengalaman, maka waralaba erat kaitannya dengan persiapan.


Kecocokan dengan penyedia waralaba
Ketika membeli waralaba, maka Anda menjalin ikatan bisnis dengan penyedia waralaba. Anda harus betul-betul percaya dulu dengan mereka sebelum bekerja sama dengan mereka. Maka, kecocokan antara Anda dengan penyedia waralaba juga perlu Anda jadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan. Jika Anda memiliki sedikit saja keraguan terhadap tingkat profesionalisme mereka, maka lebih baik Anda menunda dulu keinginan Anda.


Pahami kontrak Anda baik-baik
Sebagus apapun insting Anda, baca betul-betul kontrak Anda sebelum Anda teken. Karena, di dalam kontrak tersebut Anda bisa melihat kemungkinan sengketa di masa depan, sebelum ia benar-benar terjadi. Kontrak tersebut akan menyebutkan dengan jelas hak dan kewajiban Anda sebagai pemegang waralaba. Jika ada poin yang Anda rasa ganjil, maka tanyakan langsung pada pihak penyedia waralaba. Mumpung saat teken kontrak, Anda mungkin sedang berhadapan langsung dengan mereka.

0 Response to "Tips Sukses Memilih Bisnis Waralaba"

Post a Comment