Usaha Jasa Cuci Sepeda Motor


Usaha Jasa Cuci Sepeda Motor-Peluang usaha di sekitar kita memang banyak sekali yang bisa dimanfaatkan, salah satunya adalah jasa cuci kendaraan bermotor. Usaha tersebut memang sudah umum dijalankan oleh orang dari tempat terpencil hingga kota besar. Namun jika jeli masih banyak peluang menguntungkan yang bisa didapatkan dari jenis bisnis ini.

Bisnis cuci motor juga menjadi pilihan Agung, salah satu karyawan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan. Agung dia mengawali usahanya itu dengan modal kisaran 3 juta rupiah yang didapatkan melalui pinjaman bunga ringan. Pembelian peralatan meliputi mesin kompresor bertenaga bensin  yang berfungsi ganda bisa menyedot dan menyemprotkan air secara bersamaan. Selain itu alat selang air, tongkat penyemrpot, kuas, serta beberapa bahan lainnya sebagai penunjang.
Peluang Usaha Cuci Sepeda Motor
Tempat yang dipilih untuk usaha cuci motornya itu terbilang “ngirit”, karena hanya memanfaatkan bahu jalan serta pohon rindang yang sudah berumur tua sebagai tempat berteduh. Perijinannya sendiri tidaklah begitu sulit, hanya pemberitahuan kepada warga sekitar lokasi hingga aparat desa seperti RT dan RW.
Usaha Jasa Cuci Motor
Lokasi usaha milik Agung ini cukup strategis karena berada dekat dengan perkantoran, sekolah, dan perumahan elit. Selain itu didepannya terdapat sebuah usaha perawatan kecantikan yang namanya cukup terkenal yang setiap harinya banyak konsumen datang dengan menggunakan sepeda motor roida dua.

Air sebagai kebutuhan yang sangat vital tentu harus selalu tersedia kapanpun ketika dibutuhkan. Agung mendapatkan air tersebut dari rumah warga yang jaraknya hanya beberapa meter dengan kompensasi bulanan sebesar 20.000 rupiah bagi pemilik rumah. Awalnya untuk mengambil air tersebut memang merepotkan karena harus menggunakan ember/jerigen besar, tetapi beberapa waktu lalu dia berinisiatif memasang pipa pvc untuk menyedot air dari rumah warga ke tempat penampungan.

Agung Pemilik Usaha Cuci Motor Kreatif

Sebagai seorang karyawan swasta yang waktu kerjanya kadang bisa hingga larut malam maka Agung menggunakan tenaga cuci satu orang untuk melayani pelanggannya. Dia merekrut tukang cuci itu dengan memberdayakan warga sekitar yang memang belum memiliki pekerjaan tetap. Hal itu dimaksudkan untuk membantu tetangganya agar bisa mendapatkan penghasilan walau terhitung masih sedikit nominalnya.

Rata-rata penghasilan kotor perhari yang bisa didapatkan oleh Agung lebih kurang sebesar 70.000 rupiah, sedangkan untuk waktu-waktu tertentu bahkan bisa lebih. Dengan tarif Rp 7000 untuk sepeda motor biasa/matic dan Rp 8000 khusus kendaraan motor besar (moge) masih terhitung wajar. Waktu yang dibituhkan untuk mencuci untuk satu kendaraan memakan waktu 30 menit meliputi meliputi pencicuian dengan cara semprot, pembilasan, pengeringan, hingga tahapan pemolesan silikon pada body serta semir ban.

Oh iya, Agung menambahkan usahanya itu buka mulai jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Biasanya para pelanggan memanfaatkan jasanya pada kisaran jam 11 siang keatas. Kebanyakan yang memanfaatkan jasa cuci motornya adalah pekerja kantoran dan para pelanggan pusat perawatan kecantikan yang lokasinya sangat dekat.

Bisnis tidak lepas dari upaya promosi sebagai bagian dari teknik pemasaran untuk menggeenjot penghasilan. Sementara ini Agung masih memanfaatkan metode tradisional yaitu antar teman, tetangga, serta lingkup rekan kerja. Selain itu dia juga memanfaatkan aplikasi BBM sebagai media marketing. Walaupun terlihat caranya sederhana namun Agung memiliki pemikiran untuk kedepannya dia akan menggunakan teknologi internet secara aktif guna mengenalkan usaha cuci motornya itu secara online.

Agung mengakhiri perbincangan menarik ini dengan mengatakan bahwa dia memiliki cita-cita jangka panjang untuk mengembangkan usaha sampingan cuci motornya tersebut. Masih dengan konsep yang dijalankan sekarang dengan menambah jumlah usaha cuci sepeda motornya itu di beberapa lokasi strategis. Bahkan tidak hanya cuci motor saja, Agung juga akan menerima jasa cuci karpet untuk memaksimalkan alat yang dimilikinya dan tentu saja penghasilan yang didapatkan.

0 Response to "Usaha Jasa Cuci Sepeda Motor"

Post a Comment