2 Prinsip Yang Harus Di Pegang Dalam Investasi Syariah



Keunggulan investasi syariah tentu saja dapat medatangkan aman dan tentram bagi mereka yang melakukannya. Aman karena jumlah dan sistem transaksinya berdasarkan kepada sistem bagi hasil yang menjunjung prinsip transparansi, dan juga nyaman karena selain melakukan aktifitas bisnis ekonomi juga salah satu ibadah karena menjauhkan diri dari dosa dan sudah terjamin di dalam al-kitab. Namun, apakah anda mengetahui apa saja prinsip yang harus di pengang di dalam investasi syaraih ?, jika anda belum mengetahuinya pasti, kami mempunyai beberpa pengetahuan tentang 2 prinsip yang harus di pegang dalam investasi syraiah berikut ini.

Prinsip yang pertama yang harus di pegang dalam investasi syariah adalah harus halal, halah merupakan suatu hukum Islam dimana sesuatu hal tersebut layak untuk dipergunakan oleh umat. Dalam bidang bisnis atau invsetasi ini akan sangat rentan terhadap syubhat atau dengan kata lain haram, oleh karena itu investasi syariah sangat menjauhi hukum yang haram serta memegang erat kehalalan sebagai prinsip yang paling utama dalam menjalankan investasi ini. Selain itu pula kehalalan juga menimbukan mind set bahwa hal yang sedang kita lakukan dalam kegiatan bisnis adalah hal yang sudah legal, artinya akan ada motivasi tersendiri dalam menjalankannya maupun di lain pihak yang memanfaatkannya.

Prinsip yang kedua yang harus di pegang dalam investasi syariah adalah maslahah atau dalam kata umumnya adalah bermanfaat. Hukum maslahah ini menyangkut tidakan serta sistem muamalah terutama untuk sistem jual beli, karena akan memberikan kemanfaatan bagi pihak yang menanam atau investor maupun pihak yang memanfaatkannya. Bagi invsetor keuntungan yang di dapat tentunya mendapat laba dari bagi hasil atas suatu perjanjian investasi syariah terseut, selain itu pula memiliki sedikit modal dalam meneruskan usaha berinvestasi. Bagi pengguna modal adalah mereka dapat terbantu atas usaha yang sedang dirintisnya, selain itu pula tidak terbebani bunga atau di dalam investasi syariah disebut riba hal ini meminimalisir terjadinya kerugian. Demikian sedikit tembahan pengetahuan tentang prinsip yang harus di pegang dalam investasi syariah semoga anda semakin yakin dalam berinvestasi syariah ini.

0 Response to "2 Prinsip Yang Harus Di Pegang Dalam Investasi Syariah"

Post a Comment