Macam-macam Produk Investasi Syariah



Setelah anda memutuskan ingin berinvestasi syariah dan telah menentukan tempat anda berinvestasi, hal selanjutnya adalah membeli produk investasi. Ingat anda harus proporsional dalam mengeluarkan dan membeli modal. Tak perlu cemas atau minder jika sebisanya hanya membeli produk kecil, oleh kerena itu sebelum anda membelinya kami akan memberikan pengetahuan macam-macam produk investasi syaraiah berikut ini.

Pertama macam-macam produk investasi syariah adalah berupa tabungan yang didepositokan atau dalam investasi syariah disebut deposito mudharabah. Tabungan mudharabah ini pada intinya akan menbentuk perjanjian antara anda sebagai nasabah yang menjadi pemilik modal dengan bank yang menjadi pengelola modal. Disini keuntungan yang anda dapat tergantung bank yang mengelolanya, serta disini tidak mengenal adanya bunga berjenjang dan biaya administrasi. Hasil dari investasi ini sebesar 8-15 % pertahun jika anda menggunakan produk deposito ini.

Kedua macam-macam produk investasi syariah selanjutnya adalah produk asuransi. Jika pada umumnya kita mengangsur premi dan menjadi premi milik perusahaan asuransi itu, berbeda dengan asuransi syariah, karena anda akan mengambil premi adalah milik anda sendiri sedangkan dananya adalah para nasabah asuransi dan posisi perusahaan hanya sebagai pengelolanya. Dalam perjanjian di awal ada semacam dana atau rekining kebijakan itu berfungsi sebagai hibah dari peserta atau nasabah kepada nasabah lain yang sedang mengalami musibah atau masalah misalnya.

Ketiga macam-macam produk investasi syariah berikutnya adalah reksadana syariah. Anda tentu sudah umum dan mengeri reksadana konvensional yang menjadi investor anda beserta nasabah yang lain. Ini berbeda dengan reksadana syariah, karena disini investasi akan dilakukan sendiri oleh manajer investasi dan setelah itu hasil berupa keuntungan akan di bagi kepada penanam modal dan menjauhkan dari riba yang tidak diperbolehkan dalam Islam. Biasaya manajer investasi akan mengembalikan dana anda sekitar 11-23 persen pertahun, lebih kecil dari investasi umumnya memang namun, kebersihan dan kehalalan hasil keuntungan menjadi poin utama. Demikan macam-macam produk investasi syariah semoga dapat menambah pengetahaun anda tentang investasi syariah.

0 Response to "Macam-macam Produk Investasi Syariah"

Post a Comment