Menggunakan Google Chrome Lebih Hemat Kuota Internet

Google Chrome Lebih Hemat Kuota Internet – Penggunaan kuota selalu jadi masalah, bukan masalah cepatnya habis kuota saja, uang yang dikeluarkan untuk membeli kuota internet juga menjadi pertimbangan pengguna. Oleh karena itu, pemilihan aplikasi browser yang lebih hemat kuota adalah satu-satunya jalan terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Google Chrome adalah jawaban atas masalah ini, kecanggihan sistem yang dimiliki oleh Google telah menyulap Chrome menjadi browser super cepat sekaligus mampu menghemat kuota hingga 80% dari penggunaan normal pada umumnya. Saat ini dengan menggunakan aplikasi Chrome laman web yang dikunjungi akan secara otomatis memuat versi lite karena Chrome secara otomatis mampu mendeteksi koneksi internet yang lambat berdasarkan negara pengguna. Laman web tersebut akan ditranskode sehingga menjadi lebih cepat dan hemat kuota data.

Hemat Kuota Internet

Laman yang ditranskode akan ditandai dengan URL googleweblight.com sebagai URL awal sehingga laman tersebut akan dimuat kepada pengguna lebih cepat dan ringan. Selain itu, pengguna masih memiliki pilihan untuk menampilkan laman asli web yang mereka buka. Jadi, jika pengguna tidak puas dengan tampilan laman versi lite, pengguna bisa memilih untuk menampilkan laman asli.


Memang tidak semua laman yang ditranskode contohnya laman yang memerlukan cookie seperti situs hasil personalisasi, situs video dan situs-situs yang secara teknis sangat sulit untuk ditranskode. Pun begitu, penggunaan browser Chrome jauh lebih baik dari penggunaan aplikasi browser mobile lainnya yang juga menampilkan laman web versi lite.

Versi laman ditranskode ini tidak hanya untuk perangkat seluler saja, versi ini juga mencakup browser desktop. Jika kamu penasaran ingin mencoba, kamu bisa mengetikkan secara manual URL http://googleweblight.com/?lite_url=[URL_website_kamu]. Kamu juga tidak harus mengetik URL secara manual karena kamu bisa melihat laman transkode ini jika Google mendeteksi bahwa kamu menggunakan sambungan internet yang lambat. Beruntung jika kamu berada di Indonesia karena koneksi internet yang lambat, maka Indonesia masuk kedalam salah satu negara dimana transkode dapat dilakukan.

Jadi, untuk menghemat kuota data saat kamu browsing di internet, menggunakan Google Chrome adalah cara terbaik untuk menghemat kuota internet kamu. Sedangkan untuk browser lain seperti Firefox mobile saya belum pernah mencoba karena saya lebih nyaman menggunakan aplikasi browser Chrome.


Aplikasi Chrome sendiri juga memiliki pengaturan untuk menghemat data. Caranya, buka Chrome masuk ke Setelan selanjutnya pilih Penghemat data dan aktifkan.

Menggunakan Google Chrome Lebih Hemat Kuota Internet

Screenshot diatas adalah tampilan penghemat data yang baru saja saya aktifkan. Saya memilih untuk menonaktifkan karena alasan penggunaan situs seperti Youtube versi desktop yang dibuka dari perangkat seluler, alasan lainnya karena saya ingin fitur Youtube berjalan sebagaimana mestinya meski dibuka melalui browser mobile.

0 Response to "Menggunakan Google Chrome Lebih Hemat Kuota Internet"

Post a Comment