Produk Asuransi syariah




Asuransi syariahmerupakan satu dari bagian sistem perekonomian bisnis syariah yang merujuk pada perencanaan dan perlindungan pribadi serta keluarga berasaskan nilai ke Islaman. Sistem asuransi syariah tersebut hanya memakai sistem yang menganut bagi hasil dari pihak nasabah dan pihak penyedia asuransi dengan pengertian tidak ada yang boleh diuntungkan maupun dirugikan. Dalam hal ini asuransi lebih cenderung mengutamakan nilai sosial yakni tolong menolong serta membantu agar sesama nasabah asuransi menggunakan sistem pengelolaan serta pengumpulan semua ketersediaan dana sesuai dengan aturan Islam.

Dalam asuransi yang berbasis syariah ini umumnya disebut juga dengan takaful yang dalam bahasa Arab berarti tolong menolong, saling menanggung dan menjamin. Fokus takaful ini dimaksudkan untuk pengelolaanya dilakukan untuk saling melindungi serta menolong antara nasabah yang menggunakan asuransi syariah maupun risk sharing. Adapun beberapa produk syariah yang bisa anda pilih berdasarkan tujuan dan spesifikasinya. Sebelum anda memilih produk asuransi berbasis syariah, berikut kami mengulas tentang produk asuransi dan Penjelasannya.

Salah satu produk asuransi syariah yang paling diminati oleh masyarakat adalah takaful individu dimana sifatnya lebih untuk melindungi serta merencanakan hal yang berhubungan dengan urusan pribadi. Takaful individu ini masih terbagi dalam beberapa jenis seperti takaful dana investasi, dana haji, dana siswa dan dana jabatan. Salah satu contohnya untuk dana investasi sendiri pihak asuransi akan menjamin dan memberikan perlindungan pada saat nasabah meninggal untuk para ahli warisnya dan jaminan hari tua.

Sedangkan tafakul group lebih fokus pada prinsip asuransi syariah untuk perlindungan, perencanaan pribadi maupun kelompok seperti perusahaan. Tafakul group ini dibagi dalam beberapa jenis, yakni tafakul al-Fhaifat dan Tabungan Haji, Tafakul Kecelakaan Siswa, Tafakul Wisata dan Perjalanan, Kecelakaan Group, dan Pembiayaan. Dan yang terakhir adalah tafakul umum yang merupakan produkasuransi syariah yang sifatnya umum untuk perencanaan dan perlindungan. Tak berbeda dari kedua tafakul sebelumnya, tafakul umum ini juga terbagi dalam tafakul kebakaran, kendaraan bermotor, rekayasa, pengangkutan dan rangka kapal.

0 Response to "Produk Asuransi syariah"

Post a Comment