Tabungan Pendidikan Dan Perbedaannya Dengan Asuransi Pendidikan



Saat ini biaya pendidikan yang semakin melambung tinggi mengharuskan para orang tua untuk pintar mengatur uang. Terutama untuk biaya pendidikan anak-anak mereka. Salah satu cara yang cukup aman dilakukan para orang tua yaitu dengan tabungan pendidikan. Tetapi saat ini tidak banyak orang yang memilih cara ini karena dianggap masih kurang efisien. Ada yang beranggapan bahwa asuransi lebih baik dan lebih menguntungkan. Tetapi pada dasarnya, tabungan ataupun asuransi adalah persiapan awal sebelum anak membutuhkan uang pendidikan. Ada banyak sekali bank yang menawarkan tabungan untuk pendidikan ini dengan bunga yang berbeda-beda.
Untuk tabungan pendidikan Bank Mandiri, bunga per tahun yang ditawarkan yaitu 4% per tahun. Bunga ini dianggap tidak terlalu besar dan tidak seimbang dengan biaya pendidikan yang semakin melambung tinggi. Ini dapat terlihat dimana biaya sekolah selalu lebih cepat dan lebih tinggi dibanding kenaikan harga-harga barang umum. Inilah yang membuat beberapa orang beranggapan bahwa tabungan pendidikan tidak efisien. Beberapa pendapat mengatakan bahwa asuransi adalah langkah yang tepat untuk tetap dapat mengikuti kenaikan harga yang semakin tinggi.
Tabungan pendidikan adalah tabungan yang digunakan untuk menjaga modal awal agar tetap utuh. Tetapi hasil yang ditawarkan tidak terlalu tinggi karena bunga yang ditawarkan juga kecil. Sedangkan untuk asuransi, ini tidak hanya bisa digunakan untuk tabungan saja tetapi juga dapat digunakan sebagai proteksi terhadap biaya pendidikan. Jadi pada dasarnya asuransi adalah kombinasi asuransi jiwa dan juga tabungan untuk pendidikan. Selain tabungan untuk pendidikan dari bank Mandiri, bank lain juga banyak yang menawarkan tabungan ini dengan jumlah bunga yang berbeda. Contohnya saja tabungan pendidikan BNI.
Selain itu masih ada banyak lagi bank yang menawarkan tabungan pendidikan dengan suku bunga yang berbeda-beda. Untuk anda yang memilih tabungan untuk pendidikan ini, sebaiknya anda memilih bank yang tepat dan suku bunganya tinggi agar anda dapat menjamin kebutuhan pendidikan anak-anak anda. Saat ini biaya pendidikan sangat mahal, jika anda tidak jeli dan teliti dalam mengatur masalah uang. Maka yang akan terkena imbas buruknya adalah anak-anak anda. Pendidikan saat ini adalah kebutuhan yang tidak dapat disepelekan, terlebih jika anak anda sudah berminat serius pada bidang tertentu. Tentu anda harus mendukungnya dan tetap membayar biaya pendidikan yang diperlukan.
Bank lain yang menawarkan suku bunga yang cukup tinggi yaitu CIMB Niaga. Tabungan pendidikan CIMB Niaga cukup banyak diminati, ini karena suku bunga yang ditawarkan cukup tinggi. Untuk suku bunga fixed 2 tahun yaitu 6,5%, fixed 3 tahun yaitu 6,75%, fixed 5 tahun yaitu 7% dan fixed 10 tahun yaitu 7,25%. Untuk setoran awal yaitu 1 juta rupiah, biaya ini 10 kali lipat dari setoran rutin per bulan. Jadi setoran rutin per bulan yaitu 100 ribu rupiah. Dana tabungan pendidikan akan diterima setelah jatuh tempo sesuai harapan anda.
Selain tabungan, beberapa bank tentu saja juga menawarkan asuransi. Cara ini cukup praktis bagi anda yang ingin memiliki tabungan pendidikanuntuk anak-anak anda. Jika anda masih bingung untuk menentukan bank yang akan anda pilih, ada baiknya anda memilih bank yang memiliki suku bunga yang tinggi. Tentu saja agar pada saat jatuh tempo, uang yang anda terima dapat memenuhi kebutuhan pendidikan anak anda. Sekian informasi mengenai tabungan untuk pendidikan dan perbedaannya dengan asuransi, semoga bermanfaat.

0 Response to "Tabungan Pendidikan Dan Perbedaannya Dengan Asuransi Pendidikan"

Post a Comment