Tujuan dan Konsep Ekonomi syariah




Definisi ekonomi syariahmerupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari masalah sosial dan ekonomi rakyat, yang menggunakan dasar ajaran agama Islam. Dalam hal ini, pengertian ekonomi syariahini berbeda dengan kapitalisme yang menghalalkan meraup keuntungan sebesar mungkin dari para kaum membutuhkan. Lain halnya dengan syariah, sebab dalam Islam sendiri cukup menentang eksploitasi dari pemilik modal kepada orang tak mampu dan menimbun kekayaan dari hasil eksploitasi tersebut. disamping itu, dalam pandangan Islam ekonomi merupakan tuntunan hidup yang juga anjuran agar dapat mengaplikasikan Ibadan dari etika serta moral.

Konsep dari syariah ini sebenarnya sudah lama diterapkan pada masyarakat Indonesia yang di pelopori oleh Bank Muamalat Indonesia. Prestasi yang diraih oleh Bank tersebut kemudian diikuti berbagai lembaga keuangan yang ada di tanah air. Sistem yang digunakan dalam ekonomi syariah ini dinilai lebih menganut dasar-dasar ajaran Islam dimana menetapkan bentuk pengkhidmatan dan perdagangan yang diharamkan dan dihalalkan. Tujuannya adalah agar dapat memberikan kesejahteraan untuk masyarakat, memberikan keadilan hak yang sesuai, kebersamaan serta kekeluargaan. Hal ini juga akan memberikan kesempatan yang seluas mungkin bagi pelaku usaha untuk lebih maju.

Setelah menerapkan sistem syariah ini, tak dapat dipungkiri ternyata perkembangan ekonomi syariah di Indonesia justru terbilang signifikan sehingga mampu mencapai target pencapaian 40% hampir setiap tahunnya. Hal ini tentunya lebih tinggi jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi biasa yang hanya meraih angka kenaikan 19% setiap tahunnya. Tentu saja hal ini tidak boleh dipandang sebelah mata sebab kenyataannya memang ekonomi syariah ini mampu memberikan kontribusi yang nyata dalam perkembangan perekonomian nasional.

Selain itu, perkembangan ini pun berimbas cukup besar untuk pembangunan nasional dalam sektor usaha perdagangan kecil. Hal ini tentunya akan membawa dampak peningkatan pendapatan, social security dan perluasan lapangan kerja sehingga mampu memperkuat fundamental ekonomi nasional. Maka dari itu, untuk mengembangkan ekonomi syariah ini dibutuhkan kerja sama dari pihak lembaga terkait dan pemerintah agar dapat mewujudkan pemerataan kesejahteraan, pembangunan nasional, dan mampu mengentaskan warga dari kemiskinan.

0 Response to "Tujuan dan Konsep Ekonomi syariah"

Post a Comment