Meraup Keuntungan Dari Budidaya Ikan Lele

Budidaya ikan lele telah populer sejak dahulu, hingga saat ini prospek bisnis budidaya ikan lele masih populer dikalangan masyarakat Indonesia. Umumnya masyarakat kita mencari peluang usaha yang mudah di kelola, salah satunya adalah bisnis budidaya ikan lele. Banyak pelaku usaha yang berbondong-bondong ingin mencoba bisnis ini dan meraup keuntungan dari budidaya ikan yang memiliki banyak peminat ini.
Meraup Keuntungan Dari Budidaya Ikan Lele
Meraup Keuntungan Dari Budidaya Ikan Lele

Selain mudah di kelola, pemasaran juga menjadi pertimbangan banyak orang untuk memulai bisnis ini. Maklum saja, dengan pemasaran yang mudah sudah pasti perputaran bisnis sangat cepat karena tidak memerlukan waktu lama untuk mencari pembeli dan tempat pemasaran.

Bagaimana prospek bisnis budidaya ikan lele tahun 2016? Saya mengatakan sangat bagus. Mengapa? Di tahun 2016 bisnis kuliner semakin berkembang. Contohnya saja bisnis ikan lele bakar, pecel lele dan lain sebagainya yang menggunakan ikan lele sebagai menu olahan. Oleh karena itu, prospek bisnis budidaya ikan lele wajib Anda pertimbangkan sebagai peluang usaha 2016 di bidang budidaya.

Lalu, bagaimana memulai budidaya ikan lele? Ada 3 cara budidaya ikan lele yang populer di Indonesia dan telah banyak dijalankan oleh pelaku usaha budidaya ikan lele.

1. Budidaya di kolam tanah
Budidaya ikan lele bisa menggunakan kolam yang di gali di dalam tanah. Untuk budidaya menggunakan kolam mungkin akan memakan biaya lumayan banyak. Namun Anda bisa membuat kolam sederhana jika budidaya dalam jumlah yang tidak banyak. Untuk bibit lele 2000 hinggal 5000 bisa menggunakan 2 kolam saja. Satu kolam untuk lele berumur 0 hingga 1 bulan, sedangkan 1 kolam lagi untuk lele berumur di atas 1 bulan.

2. Budidaya menggunakan kolam beton
Soal biaya, kolam beton tentu akan lebih banyak memakan biaya. Tapi, jika Anda menyediakan banyak modal untuk membangun bisnis ini tidak ada salahnya membangun 2 hingga 3 kolam beton berukuran 4x6 meter dan 1 kolam berukuran lebih kecil untuk bibit lele yang berumur dibawah 1 bulan.

3. Budidaya menggunakan kolam terpal
Menggunakan kolam terpal untuk menampung ikan lele lebih hemat, tidak memerlukan banyak biaya besar untuk membangun kolam terpal ini. Anda pun bisa membangun 1 kolam saja dan menyeka kolam tersebut menjadi beberapa bagian untuk memisahkan bibit lele berdasarkan umurnya.


Dari beberapa jenis lele manakah yang bagus untuk di budidaya. Umumnya lele jumbo adalah yang terbaik untuk di budidaya. Anda bisa mendapatkan harga bibit lele 1000 hingga 5000 per bibit lele. Tentunya harga tergantung daerah masing-masing.

0 Response to "Meraup Keuntungan Dari Budidaya Ikan Lele"

Post a Comment