4 Tips Agar Pebisnis Tetap Produktif Menulis Konten Blog

4 Tips Agar Pebisnis Tetap Produktif Menulis Konten Blog

Bagi seorang pebisnis, waktu adalah uang. Waktu yang sangat berharga ini tak bisa begitu saja mereka sia-siakan untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat. Apalagi para pebisnis sekarang yang aktivitas bisnisnya juga tersita untuk kegiatan tulis-menulis di beberapa media online, misalnya seperti website atau blog, #sosial media dan instant messaging.

Blog atau website merupakan salah satu media online yang banyak dipakai oleh sebagian besar pebisnis tentu memiliki peranan penting bagi perkembangan dan pertumbuhan bisnis mereka. Dengan blog, mereka bisa memperkenalkan bisnis dan sekaligus memasarkan produk dan layanan mereka dengan konsep #internet marketing.

Namun sayang, beberapa pebisnis online kewalahan untuk mengurus dan mengupdate blog bisnis mereka. Mereka tak ada waktu untuk membuat konten di blognya dan terlalu sibuk untuk mengurusi hal lain. Untuk Anda yang merasa terlalu sibuk, mungkin bisa mencoba lima tips berikut ini agar tetap bisa aktif dan produktif menulis konten blog bisnis Anda. Apa saja tips tersebut? Berikut ulasannya.

Artikel lain: Hypnotic Writing, Menghipnotis Pembaca Melalui Teknik Penulisan yang Persuasif


1. Membuat Jadwal Untuk Membuat Tulisan

Yang seringkali terjadi pada seorang pebisnis, mereka merasa tidak punya waktu lagi untuk membuat konten blog karena mereka tak mau memaksakan diri untuk menulis. Memang benar bahwa menulis artikel untuk blog adalah sebuah kegiatan yang memerlukan waktu khusus.

Kita tidak bisa menulis konten yang baik jika Anda mengerjakannya sambil melakukan pekerjaan lain. Karena itu, untuk bisa mendapatkan waktu khusus untuk menulis, Anda sendiri harus memaksakan diri untuk meluangkan waktu. Untuk mendapatkan waktu tersebut, Anda bisa menempuh cara dengan membuat jadwal atau agenda khusus dan rutin untuk menulis.

Meski Anda hanya mengagendakan waktu untuk blogging seminggu atau dua minggu sekali, itu tetap baik asal Anda mau disiplin dan rutin menjalaninya. Dengan agenda dan jadwal rutin ini, maka Anda akan segera terbiasa untuk menulis. Dengan begitu blog Anda akan terus terupdate dengan rutin.


2. Hancurkan Mitos Bahwa Menulis Itu Susah

Kebanyakan orang yang selalu beralasan bahwa dirinya tak punya waktu untuk menulis, itu sebenarnya bukan karena mereka benar-benar tak punya waktu. Banyak dari kita sebenarnya hanya terbawa mitos bahwa kegiatan menulis itu sulit. Mitos bahwa menulis itu susah memang banyak menjangkiti penduduk di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Di negara-negara berkembang kegiatan menulis belum menjadi budaya, namun di negara maju hal ini adalah kebiasaan dan hobi yang dilakukan dengan rutin. Nah maka dari itu untuk menjadi produktif dalam hal menulis konten pada blog, Anda harus sedini mungkin menghancurkan mitos bahwa menulis itu susah. Menulis itu sebenarnya mudah asal Anda mau dan berusaha.

Memang memulainya akan sangat berat buat Anda yang masih baru membiasakan diri menulis, namu jika Anda sudah terbiasa menulis dengan jadwal yang rutin maka menulis akan menjadi aktivitas yang mudah dan menyenangkan. Percayalah.


3. Buatlah Postingan Setiap Punya Waktu Luang

Jika Anda tidak suka dan tak terbiasa dengan rutinitas teragenda dan terjadwalnya menulis, Anda bisa menjadikan waktu luang Anda untuk menulis. Saya yakin, sesibuk-sibuknya pebisnis pasti punya waktu santai dimana kita sudah tidak lagi beraktivitas mengurus ini dan itu.

Nah jika waktu itu sudah tiba, Anda bisa langsung menghadap laptop untuk menulis dan mengupate blog Anda. Bahkan jika Anda tahu bahwa beberapa penulis terkenal melakukan aktivitas menulisnya saat ia sudah pada posisi waktu santai pada malam hari atau subuh. Di saat susana sepi dan tenang itulah para penulis bisa dengan rileks bisa menulis dan menuangkan konsep dan apa saja yang ada di kepalanya menjadi tulisan yang menarik dan luar biasa.

Baca juga: Ini 7 Tipe Digital Marketer, Anda Termasuk Yg Mana?


4. Niatkan Untuk Berbagi

Tips terakhir yang bisa kita lakukan untuk tetap aktif dan produktif memposting konten dan tulisan pada blog adalah dengan meniatkan kegiatan menulis Anda untuk berbagi. Sebagai pebisnis tentu Anda memiliki banyak ilmu dan pegalaman mengenai dunia bisnis dengan lika-liku dan seluk beluknya.

Dengan berniat berbagi tulisan yang bermanfaat untuk sesama, Anda bisa dengan perlahan-lahan menumbuhkan semangat untuk menulis. Ingat, melalui tulisan, nama seorang penulis akan abadi dan kekal, meski kita nanti telah tiada. Dengan tulisan yang bermanfaat yang kita buat, ini bisa menjadi sebuah amal ilmu sekaligus memperkenalkan diri (personal branding) dan bisnis Anda kepada orang banyak.

Back to Top

0 Response to "4 Tips Agar Pebisnis Tetap Produktif Menulis Konten Blog"

Post a Comment