5 Tips Sukses Untuk Menjadi Blogger Paruh Waktu

5 Tips Sukses Untuk Menjadi Blogger Paruh Waktu

Menjadi seorang #blogger masa kini memang memilki banyak keuntungan. Selain pertemanan dan meningkatnya personal branding, blogger masa kini juga mampu menghasilkan pendapatan yang jumlahnya sangat menarik. Saya kira poin terakhir inilah yang seringkali membuat orang ingin menjadi blogger.

Dari sini tak heran jika kemudian banyak orang yang menekuni profesi blogger ini secara profesional. Mereka juga bersedia jika seluruh waktunya mereka luangkan dalam aktivitas blogging. Maka dari sini kemudian muncul istilah full-time blogger atau blogger penuh waktu.

Namun ternyata, tak semua blogger kemudian memilih menjadi full-time blogger, tak sedikit dari mereka yang ternyata lebih nyaman dengan statusnya sebagai part-time blogger atau blogger paruh waktu. Dengan berbagai alasan yang ada, mereka para part-time blogger ini tetap juga berusaha untuk bisa sukses di dunia blogging.

Meski terkesan agak kurang professional, seorang part-time blogger juga memiliki nilai dan citranya tersendiri. Selain mendapatkan keamanan finansial dari pekerjaan utamanya, menjadi blogger paruh waktu juga membuka peluang mendapatkan penghasilan ekstra dari aktivitas blogging.

Artikel lain: Ingin Jadi Blogger Produktif? Coba Jalankan Sistem Ini

Jika Anda adalah seorang blogger paruh waktu, Anda tentu tetap ingin sukses sebagai blogger meski waktu Anda harus terbagi-bagi dengan aktivitas utama. Berikut beberapa tips yang bisa Anda jalankan sebagai part-time bogger untuk bisa sukses menjalankan aktivitas blogging tersebut.


1. Tentukan Tujuan Anda Sebagai Blogger Paruh Waktu

Tips pertama untuk sukses sebagai part-time bogger adalah dengan menentukan tujuan. Seorang blogger paruh waktu memang memilki banyak tujuan dari aktivitas bloggingnya di sela-sela waktu mereka. Ada yang hanya sekedar iseng membuat catatan harian (diary), ada yang juga ingin menyalurkan perasaaan dan kisah pengalamannya, ada juga yang ingin mendapatkan penghasilan. Tentu saja jika Anda hanya sekedar iseng ingin menuliskan kisah pengalaman, Anda tak harus menunggu uang jutaan untuk bisa dikatakan sukses.

Beda lagi dengan blogger paruh waktu yang memang bertujuan untuk monetisasi (menghasilkan uang), maka ia bisa dibilang sukses jika ia mampu mendapatkan sejumlah uang dari aktivitas blogging. Maka dari itu segera tentukan tujuan Anda menajdi blogger paruh waktu. Dengan identifikasi yang jelas, maka Anda akan cepat menemukan bentuk kesuksesan tersebut.


2. Tentukan Target Monetisasi Anda

Jika Anda memang memiliki tujuan untuk menghasikan penghasilan dari kegiatan bloggig paruh waktu Anda, maka Anda harus menetukan target monetisasi Anda. Apakah $1000 per bulan? Atau $500 per bulan? Atau cukup $100 per bulan? Selain target angka uang, target waktu juga perlu Anda rumuskan. Kapan Anda akan mencapai angka yang Anda target tersebut? Setahun, dua tahun atau tiga tahun? Nah saat target angka dan waktu telah Anda tetapkan, maka Anda dimudahkan untuk menggapai kesuksesan tersebut.


3. Fokuslah Pada Minat Terbesar Anda

Kesuksesan memang bisa berwujud apa saja. Jika blogger ingin mendapatkan penghasilan dari aktivitas blogging, maka wujud kesuksesannya adalah uang. Namun kenyataannya tak semua blogger part-time memfokuskan kegiatan bloggingnya pada monetisasi.

Beberapa blogger paruh waktu itu sudah merasa puas dan bahagia jika mereka bisa membagi kisahnya di blog. Inilah yang merupakan wujud sukses yang lain. Maka dari itu, saat akan melakukan aktivitas bogging, Anda harus bisa memfokuskan pada minta terbesar yang Anda miliki.


4. Menulislah Dengan Jadwal yang Rutin dan Terencana

Meski memiliki keleluasaan waktu blogging dibanding full-time blogger, seorang blogger paruh waktu tak boleh menganggap hal ini sebagai celah untuk berleha-leha atau bersenang-senang. Anda sebagai blogger paruh waktu juga harus punya jadwal terencana untuk menulis atau mengisi blog Anda.

Buatlah jadwal terencana dan rutin pada waktu-waktu yang menurut Anda efektif untuk menulis. Ya, blogger memang identik dengan menulis. Maka semakin aktif menulis maka kesuksesan pun akan bisa segera menghampiri para bloger, termasuk para blogger paruh waktu.

Baca juga: Pentingnya Posting Terjadwal Bagi Seorang Blogger Produktif


5. Selalu Evaluasi Aktivitas dan Target Anda

Terakhir, tips menjadi sukses sebagai blogger paruh waktu adalah dengan mengevaluasi aktivitas dan target Anda. Luangkan waktu Anda dalam satu pekan atau satu bulan untuk mengevaluasi kinerja Anda sebagai blogger paruh waktu. Jika ada target yang meleset, itu artinya Anda harus mencari letak kesalahan dan segera memperbaiki kesalahan tersebut. Semakin aktif dan rutin Anda melakukan evaluasi, maka semakin besar pula kesempatan Anda mencapai sukses sebagai part-time blogger.

Back to Top

0 Response to "5 Tips Sukses Untuk Menjadi Blogger Paruh Waktu"

Post a Comment