Friendster.id ~ “Reinkarnasi” Media Sosial Lawas Dengan Rasa Indonesia yang Lebih Khas

Friendster.id ~ “Reinkarnasi” Media Sosial Lawas Dengan Rasa Indonesia yang Lebih Khas

Belum lama ini sempat muncul perbincangan tentang lahirnya kembali sebuah situs media sosial yang dulu sempat booming yakni Friendster. Bagi rekan-rekan yang dulu mungkin pernah menikmati serunya mengutak-atik akun Friendster, tentu merasa sangat penasaran seperti apakah reinkarnasi media sosial fenomenal tersebut.

Bagi yang sudah mencoba, tentu tahu betul bagaimana keseruan yang ditawarkan oleh #media sosial besutan Jonathan Abrams ini. Menawarkan fitur kostumisasi yang sangat beragam mulai dari tampilan hingga gadget tambahan, membuat profil Friendster bisa kita disetting agar lebih “semarak”.

Namun tunggu dulu, nampaknya memori masa lalu tersebut sebelum akan benar-benar terwujud karena ternyata situs Friendster baru yang menggunakan domain .id tersebut merupakan sebuah startup baru yang asli karya anak bangsa. Meskipun demikian, informasi tentang startup Friendster.id tetap layak untuk kita simak.


Sekilas Tentang Perjalanan Friendster

Sedikit mengulas kembali tentang perjalanan situs media sosial Friendster, awalnya layanan ini dimulai oleh sang pendiri yakni Jonathan Abrams pada tahun 2000-an. Kala itu perlahan Friendster mampu menarik minat pengguna online hampir di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Namun kejayaan Friendster ternyata berlangsung sangat singkat karena pada tahun 2004, muncul banyak pesaing layanan media sosial lain seperti #Facebook dan Myspace.

Meskipun berada pada jalur yang berbeda, nyatanya Friendster harus mengakui bahwa era kejayaannya telah tumbang. Beberapa tahun berselang, domain Friendster.com kembali aktif namun dengan wajah yang benar-benar berbeda. Kala itu Friendster telah berubah menjadi sebuah situs komunitas game pasca diakuisisi oleh perusahaan yang berbasis di Malaysia. Seakan membawa kutukan, versi baru dari situs Friendster ini kembali tumbang dan resmi menutup layanan pada pertengahan tahun 2015 lalu.

Artikel lain: Catfiz ~ Aplikasi Media Sosial Karya Orisinil Anak Bangsa Yang Diminati Dunia


Friendster.id Asli Karya Anak Negeri

Kini di tahun 2016, kabar yang cukup mengejutkan muncul bersama dengan lahirnya nama situs Friendster kembali. Sama-sama menawarkan layanan media sosial, kali ini situs Friendster yang menggunakan domain .id tersebut merupakan sebuah karya asli developer dalam negeri. Berada dalam naungan PT. Kebunbibit Penuh Bunga, Friendster.id mulai membuka layanan pada tanggal 9 Maret 2016 lalu.

Dalam keterangan yang dimuat di situs Friendster.id, secara tersirat menyatakan bahwa situs tersebut sama sekali tidak terhubung atau berafiliasi dengan perusahaan Friendster yang berbasis di Amerika. Dengan begitu praktis menjawab pertanyaan banyak orang yang mengira bahwa situs media sosial Friendster yang dulunya sempat populer, kini hadir kembali.


Wajah Baru Friendster Ala Indonesia

Menilai tentang layanan maupun tampilan dari situs Friendster.id, pada dasarnya kita disuguhkan tampilan yang cukup mirip media sosial Facebook. Mengadopsi warna biru sebagai warna utama, Friendster.id nyatanya juga mempunyai layanan yang hampir serupa dengan Facebook. Di dalamnya kita bisa melakukan beberapa hal seperti memposting tulisan, foto, video, file ataupun membagikan lokasi tertentu.

Selain itu juga terdapat sistem “Like” yang diwakilkan dengan simbol jempol layaknya yang dimiliki oleh Facebook. Untuk urusan membuat grup, kita juga bisa melakukannya di startup yang tergolong masih sangat muda ini. Meskipun belum menawarkan fitur yang sekompleks Facebook, namun kita masih tetap bisa melakukan aktivitas media sosial yang cukup beragam.

Untuk urusan chatting, Friendster.id juga mempunyai sistem perpesanan layaknya Facebook Messenger yang bisa digunakan antar pengguna. Jika ingin membagikan sebuah konten di Friendster.id menuju media sosial yang lain, kita juga bisa melakukannya dengan sangat mudah dengan fasilitas content sharing.

Baca juga: Sebangsa ~ Aplikasi Media Sosial Yang Ingin Menyatukan Berbagai “Bangsa”


Mendompleng Nama Besar Friendster “Senior”?

Tidak bisa ditampikkan bahwa situs startup Friendster.id yang dikelola oleh developer lokal ini, seakan menumpang nama besar media sosial Friendster yang dulunya sempat berjaya. Jika ditilik dari penggunaan nama, menurut saya pribadi nampaknya cukup riskan terutama apa bila nanti startup ini bisa berkembang menjadi perusahaan besar.

Meskipun saat ini Friendster.com masih dalam keadaan vakum, namun bukan tidak mungkin akan ada semacam tuntutan penggunaan merk teregistrasi jika hal ini sampai tercium oleh pihak pengembang resminya. Namun di luar itu semua, upaya para generasi muda yang membuat startup Friendster.id tatap layak untuk diapresiasi dan kita dukung secara langsung dengan cara mencoba layanan tersebut.

Back to Top

0 Response to "Friendster.id ~ “Reinkarnasi” Media Sosial Lawas Dengan Rasa Indonesia yang Lebih Khas"

Post a Comment