Ingin Jadi Blogger Produktif? Coba Jalankan Sistem Ini

Ingin Jadi Blogger Produktif? Coba Jalankan Sistem Ini

Salah satu keharusan yang harus ada pada seorang blogger profesional adalah produktivitas. Produktivitas blogger di sini memiliki pengertian tingkat kerajinan atau keaktifan Anda dalam #blogging atau ngeblog, terutama dalam hal membuat konten.

Dengan definisi ini maka berlaku sebuah pernyataan bahwa semakin banyak konten postingan yang telah Anda buat, maka semakin tinggi pula produktivitas Anda, dan hal ini berlaku sebaliknya. Dalam beberapa kasus, banyak blogger yang kemudian mengalami kesulitan untuk menjadi produktif. Alih-alih menulis satu postingan, mencari ide pun mereka malas dan tak bersemangat.

Untuk itulah, untuk menjadi seorang #blogger produktif, Anda maka harus melawan diri Anda sendiri. Melawan dan menaklukkan diri sendiri memang sesuatu yang sulit dilakukan dengan konsisten. Maka dari itu untuk bisa menjadi produktif dalam blogging, Anda harus menciptakan sistem yang bisa membuat Anda rajin blogging dengan otomatis.

Sistem ini akan menjadi jauh lebih kuat mengakar dan efektif jika Anda melakukannya dengan konsisten dan juga menjalankannya sebelum aktivitas lain seperti membuka sosial media atau membuka #email. Berikut beberapa tahapan sistem blogger produktif yang bisa Anda praktikkan:

1. Menemukan Ide Tulisan (10 Menit)

Tahap pertama dalam sistem ini adalah menemukan ide tulisan. Cobalah untuk mendapatkan ide menulis ini secepat mungkin. Usahakan Anda menemukannya tidak lebih dari 10 menit, agar semangat menulis Anda tidak lekas hilang.

Sebenarnya ide menulis ini bisa muncul dengan cepat bahkan kurang dari 5 detik. Caranya dengan mengandalkan catatan kecil berisi kumpulan ide-ide tulisan yang Anda peroleh jauh sebelum Anda berniat menulis konten blog. Ide-ide menulis ini bisa Anda peroleh dari banyak hal seperti #blogwalking, membaca, mengamati channel berita dan trending topic dan jalan-jalan di luar rumah.

Artikel lain: Pentingnya Posting Terjadwal Bagi Seorang Blogger Produktif

2. Menulis (60-90 menit)

Setelah ide diperoleh, segera eksekusi dengan cara menuliskannya. Ide yang tidak segera ditulis akan mudah menguap dan hilang. Meski ideini telah Anda catat pada buku kecil, Anda tetap harus segera menuliskannya. Jika tidak, dalam banyak kasus ide yang tidak segera ditulis dalam note kecil akan menjadi ide yang usang, kedaluarsa atau uzur sehingga membuat kita malas saat menulisnya.

Maka dari itu segeralah untuk menuliskan ide yang telah Anda dapatkan. Tahapan menulis ini merupakan tahapan yang cukup memakan banyak waktu yaitu antara 60-180 menit, tergantung tingkat kelancaran mengetik, pengalaman menulis, jumlah kata dan pembahasan yang ingin Anda buat.

Untuk dapat menulis lebih efektif dan cepat, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini yaitu memisahkan menulis dari mengedit, menyingkirkan gangguan menulis (misalnya mematikan #internet atau HP Anda) dan mencari tempat dan waktu yang nyaman buat Anda untuk menulis.


3. Mengedit Tulisan (30-60 Menit)

Aktivitas menulis memang harus dipisahkan dengan mengedit. Ini bukan perkara untuk mempercepat proses penulisan saja, namun di dalamnya ada unsur penuangan ide-ide secara lengkap dan komplit. Jika blogger diharuskan melakukan aktivitas menulis dan mengedit secara bersama-sama, maka yang seringkali terjadi adalah beberapa topik dari ide yang telah dipikirkan menjadi terlupakan dan lenyap. Karena topik tersebut yang tak segera ditulis.

Maka dari itu aktivitas menulis ini harus dipisahkan dari kegiatan mengedit. Dalam proses mengedit tulisan, Anda harus bisa lebih cepat dari menulis. Hal ini disebabkan Anda hanya tinggal memeriksa kembali beberapa tulisan yang salah ketik, mengefektifkan kalimat dan menyesuaikan kata-kata dengan EYD sesuai kemampuan Anda.

Proses mengedit ini sendiri bisa Anda lakukan dengan waktu antara 30-90 menit, tergantung pengalaman dan jumlah kata yang akan di edit. Jika Anda bisa lebih cepat dari 30 menit, itu akan lebih baik lagi untuk proses Anda menjadi blogger produktif.

Baca juga: Malas Nge-blog? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya


4. Mempublikasikan (15-20 Menit)

Tahapan terakhir dari sistem menjadi blogger produktif ini adalah mempublikasikan. Dalam tahapan ini, Anda juga harus mampu membuatnya lebih cepat dari tahapan menulis dan mengedit. Usahakan tahapan ini selesai dalam waktu tidak lebih dari 20 menit.

Tahap publishing ini memang bisa lebih cepat karena Anda hanya tinggal melengkapi tulisan yang telah diedit tersebut dengan beberapa elemen seperti gambar, link atau video. Elemen-elemen ini tentu bisa Anda buat dan anda cari di banyak media terutama mesin pencari yang terbukti sangat cepat dan akurat dalam hal operasionalnya.

Setelah semua tahapan sistem ini Anda lakukan dengan baik maka total waktu yang Anda butuhkan untuk membuat tulisan yang berkualitas adalah 3 jam atau bisa kurang dari itu. Jika Anda konsisten dan mematuhi sistem ini, bukan mustahil Anda akan menjadi seorang blogger produktif serta profesional. Selamat mencoba!

Back to Top

0 Response to "Ingin Jadi Blogger Produktif? Coba Jalankan Sistem Ini"

Post a Comment