Beberapa Jenis Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Beberapa Jenis Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa
Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa-Walaupun sebagai mahasiswa Anda mungkin belum bekerja, namun pasti ada saat dimana Anda merasa uang kiriman dari orang tua tidak cukup untuk berbagai keperluan seperti fotokopi dan membeli buku. Karena alasan yang sama, banyak mahasiswa yang kemudian beralih menjadi pelaku usaha sampingan di waktu luangnya untuk mendapat uang tambahan.

Tergantung minat dan kesempatan, ada banyak sekali usaha sampingan yang bisa dilakukan mahasiswa. Apalagi, mahasiswa sering berada di dalam lingkungan yang kaya interaksi seperti kampus, rumah kos, tempat kegiatan ekstra, tempat kumpul-kumpul warga kampus, perpustakaan dan sebagainya sehingga peluang mendapat pelanggan usaha pasti ada. Yang penting, kegiatan tersebut sebaiknya tidak mengganggu kegiatannya yang utama sebagai mahasiswa yaitu belajar dan menyelesaikan studi.

Usaha sampingan yang dilakukan mahasiswa sebaiknya memungkinkannya untuk lebih berkonsentrasi pada pelajarannya dulu untuk sementara jika dilakukan, atau memberinya kebebasan untuk mengatur waktu. Lebih bagus lagi jika usaha tersebut bisa dilakukan bersama teman sehingga menjadi lebih ringan.

Jenis-jenis Usaha Sampingan untuk Mahasiswa

Berikut adalah beberapa jenis peluang usaha sampingan yang bisa dilakukan mahasiswa kreatif untuk mendapat uang tambahan:

    Menjadi Penerjemah.

Usaha penerjemahan kerap dilakukan oleh mahasiswa yang berbakat bahasa dan ingin melakukan aktifitas yang tidak jauh-jauh dari jenis kegiatan di kampusnya. Usaha ini biasanya dimulai dengan menawarkan jasa kepada teman, misalnya dengan menerjemahkan teks dari buku wajib atau laporan penelitian.

Kesempatan untuk menjadi penerjemah juga bisa diperoleh dengan cara menawarkan jasa ke lembaga yang dikelola kampus, atau menjadi juru bahasa (interpreter) di berbagai acara kampus. Hal ini bisa menjadi catatan positif untuk pengalaman semasa kuliah yang bisa dicantumkan pada resume, atau bahkan batu loncatan untuk merintis karir, misalnya sebagai penerjemah di perusahaan penerbit, pemilik agen penerjemahan atau juru bahasa di sebuah lembaga besar.

    Berjualan.

Usaha dagang, baik itu berdagang barang buatan sendiri, barang reseller atau bahkan makanan, menjadi salah satu bisnis sampingan favorit banyak mahasiswa. Bahkan, ada yang bertindak lebih jauh dengan berpartner bersama teman dan menjual makanan, misalnya pada akhir pekan di alun-alun kampus atau di periode musiman seperti bulan puasa.

Sementara itu, mahasiswa yang memiliki bakat lebih seperti merajut atau membuat kerajinan biasanya meluangkan waktu untuk membuat kerajinan tangan yang lalu dijual di kampus.

Sama seperti usaha penerjemahan, bisnis dagang yang membutuhkan pengelolaan ekstra seperti usaha penjualan makanan bisa menjadi pengalaman berharga dan sarana belajar bisnis bagi mahasiswa yang bersangkutan. Plus, jika dilakukan bersama teman, hal ini akan memberi pelajaran bersosialisasi, bermitra dalam bisnis sekaligus mempererat persahabatan.

    Mengelola Usaha Online.

Makin banyaknya jumlah orang yang melek teknologi membuat banyak mahasiswa memutuskan menjadikan jagad internet sebagai sumber usaha. Hal ini dianggap praktis karena mahasiswa tidak pernah jauh dari komputer. Tinggal memilih jenis usahanya; apakah itu menawarkan barang lewat toko online, membuka jasa terjemahan online, menawarkan ruang untuk iklan di situs pribadinya atau ikut bisnis network marketing.

Menjadi mahasiswa jaman sekarang tidak lagi identik dengan kelompok yang belum bisa bekerja hingga lulus. Dengan memafaatkan peluang usaha sampingan, mahasiswa bisa mendapat tambahan uang saku lebih bahkan bisa memupuk karakter dan naluri bisnis untuk bekal bekerja kelak. Selain itu, bisnis yang dikelola dengan baik semasa kuliah bisa dikembangkan menjadi usaha sendiri sehingga bisa mendorong mahasiswa untuk berwiraswasta.

0 Response to "Beberapa Jenis Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa"

Post a Comment